Ditulis oleh Aditya Kurniawan • 27 Jul 09:49
eproc 4567x dilihat
Berita

Saring Data Penyedia dalam SIKaP, LKPP Jalin Kerjasama Dengan Pefindo


Jakarta – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menjalin kerjasama dengan PT Pefindo Biro Kredit (PBK) dalam menyaring kredibilitas data penyedia barang/jasa pemerintah dalam Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP).

Kerjasama tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Kepala LKPP Agus Prabowo dan Direktur Utama Pefindo Biro Kredit Ronald T Andi Kasim, Selasa (14/07), di Kantor Pefindo, di Jakarta.

Agus meyakini kerjasama dengan Pefindo Biro Kredit akan mengefisienkan proses lelang karena data penyedia dan rekam jejak sudah terinformasi dari awal. Hal ini akan mempermudah proses pemilihan penyedia ketika pengelola pengadaan melakukan lelang.

“Pefindo sesuai mandatnya akan membantu supaya kami diyakinkan bahwa SIKaP yang kami bangun adalah valid,  dengan vendor yang terverifikasi.” katanya.

Agus menambahkan, ketika SIKaP sudah terisi vendor yang valid maka lelang bisa dilakukan dengan cepat, begitu diumumkan, penyedia yang tertarik bisa langsung melakukan bidding. Selain itu, dengan tergabung dalam SIKaP, para vendor akan terus terinformasi ketika pemerintah melakukan lelang.

“Mereka nantinya bisa langsung ikut bidding dan menawarakan harga. Semudah itu. Jadi SIKaP ini nantinya bisa mempersingkat waktu lelang, menghindari fraud dan tidak ada tatap muka, based on trust, trust by system,” tambah Agus.

Komisaris Pefindo, Djoko Sarwono juga mengapresiasi sinergi yang dilakukan, dimana Pefindo ke depannya bisa memperkuat data yang dimilikinya, apakah penyedia tersebut trustworthy atau tidak. “Karena hal semacam itu tidak hanya dilihat hanya melalui catatan kredit bank saja, sehingga ini merupakan langkah awal untuk perkembangan ke depan.” Kata Djoko. (frz)

Sumber : www.lkpp.go.id


Kategori

Populer

52119x dilihat
LKPP Resmi Keluarkan Format Standar Dokumen Pengadaan Terbaru
23455x dilihat
Melalui Training ISO 27001: 2013 LPSE Tingkatkan Kapasitas Manajerial Keamanan Informasi
23360x dilihat
Rapat Implementasi SPSE 3 dan 4
23279x dilihat
Kemenpar Gelar Workshop Aplikasi SPSE V 4, E-Lelang Cepat, SIKaP dan e-Purchasing Versi 4
22478x dilihat
Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP)

Terbaru

16 Nov 15:31
Pemberitahuan Migrasi Server LPSE Kabupaten Bulungan
16 Nov 15:15
Pemberitahuan Gangguan Teknis Server LPSE Kota Bukittinggi
15 Nov 13:51
LKPP Serahkan 17 Standar LPSE dan Apresiasi Atas Pencapaian Tingkat Kematangan UKPBJ Level Proaktif Kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI
31 Oct 09:24
Pemberitahuan Maintenance Server LPSE Kota Tangerang Selatan
04 Oct 09:01
Gangguan LPSE Kabupaten Landak 27 September 2022