Ditulis oleh Aina Isnaini • 20 Mar 15:32
165 0
Berita

Pelatihan Katalog Daerah Riau Guna Mendukung Pertumbuhan Komoditas Lokal

Sebagai program berkelanjutan yang diadakan oleh LKPP dan MCA-I bekerjasama dengan LPSE. Pada 6-7 Maret 2018,Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mengadakan kegiatan pelatihan katalog daerah di kota Ketiga yaitu Riau.

Kegiatan yang ditujukan kepada para pengguna dan penyedia daerah Riau yang terkait ini dilaksanakan di ruang pelatihan LPSE Provinsi Riau, Kantor Gubernur Riau

Setelah sebelumnya MCA-I dan LKPP telah melakukan kegiatan pelatihan yang sama di Bangka Belitung dan Samarinda. Pada kota ketiga kali ini, pelatihan diberikan guna membangun pemahaman terhadap proses bisnis katalog daerah dan alur sistem terkait.

Pada pelaksanaannya, e-katalog daerah Riau telah launching pada 19 Januari 2018 lalu dan Riau terpilih sebagai salah satu daerah yang menjadi proyek percontohaan Katalog Daerah tingkat nasional ke dua, setelah Provinsi DKI Jakarta.



Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama di ikuti para peserta ULP & LPSE Provinsi Riau, dimana materi pelatihan yang diberikan, meliputi : pembuatan registrasi, pengelolaan kontainer, serta pengelolaan katalog.

Berbeda dengan hari pertama, pada hari kedua tim LKPP yang diwakili oleh Mela Ervina memberikan pelatihan pembelian (e-purchasing), pelacakan pembelian, riwayat harga, rating, dan komentar.

Selain memberikan pelatihan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemerintah daerah Riau dalam mengembangkan komoditas lokal, dimana Riau memiliki komoditas tiang listrik. Untuk itu pada hari kedua pelatihan juga dihadiri oleh penyedia terkait.

Menghadirkan e-katalog lokal yang optimal, tentunya juga perlu diimbangi dengan ULP dengan sumber daya manusia yang terlatih sehingga program katalog daerah program dari MCA-I dan LKPP bisa menjadi solusi sistem pengadaan yang efektif.

Lihat juga : MCA-I Berikan Tongkat Estafet Program E-Katalog Daerah Kepada LKPP

Silakan login untuk menuliskan komentar.
Loading