Ditulis oleh Aina Isnaini • 26 Feb 15:48
ekatalog 33x dilihat
Katalog

Optimalisasi Pemanfaatan Epurchasing Ekatalog Pemda Mojokerto


LKPP memenuhi undangan Pemerintah Daerah Mojokerto untuk memberikan pelatihan penggunaan Katalog Elektronik pada 22 – 23 Februari lalu. Kegiatan yang digelar selama dua hari ini adalah bentuk dari optimalisasi pemanfaatan pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah melalui ePurchasing dengan sistem Katalog Elektronik (eKatalog).

Kegiatan yang dihadiri oleh para Pejabat Pengadaan (PP) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ini beragendakan informasi terkait kebijakan umum pengadaan barang dan jasa  seperti yang telah diatur dalam Perka No.6 Tahun 2016.

Pada hari kedua kegiatan, para peserta mendapatkan informasi yang lebih detil mengenai aplikasi eKatalog dan ePurchasing termasuk cara pemanfaatan dari setiap fitur yang ada pada eKatalog versi 4. Pembekalan materi fitur di ePurchasing yang disampaikan, meliputi : fitur perbandingan harga, harga terbaik, fitur pengiriman dan penerimaan bertahap, proses negosiasi dengan penyedia, hingga proses paket pemesanan yang telah selesai dilakukan PPK.

Pembekalan materi yang diberikan juga tidak luput dari issue yang sering dialami oleh PP maupun PPK saat pemesanan, seperti kendala ketersediaan stok hingga pengembalian kontrak pesanan. Sehingga bimbingan teknis yang dilakukan LKPP, yang diwakili oleh Dedi Riswanto ini dapat memberikan informasi yang solutif dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah terutama pada pemerintah daerah.

Dengan adanya pembekalan materi teknis ini bisa menjadi pembelajaran bagi jajaran pemerintah daerah dalam pengadaan barang dan jasa. Sehingga tidak hanya kebutuhan belanja daerah saja yang dapat terpenuhi akan tetapi menciptakan keterbukaan dan  transparansi lewat cara belanja yang cepat dan tepat melalui eKatalog.

Lihat juga : Kegiatan Proses Klarifikasi dan Negosiasi Penyedia Web Hosting 2018

Kategori

Populer

157x dilihat
LKPP Proaktif Berikan Bimbingan Teknis Kepada Penyedia Katalog
142x dilihat
LKPP Laksanakan Proses Evaluasi Klarifikasi dan Evaluasi Administrasi Serta Pembuktian Kualifikasi Alat Kesehatan 2018
138x dilihat
LKPP Berikan Teguran Kepada Penyedia Komoditas Obat
137x dilihat
Gangguan Teknis Aplikasi SiRUP LKPP
128x dilihat
Pentingnya Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Yang Baik

Terbaru

07 Jun 11:08
Direktorat Pengembangan Sistem Katalog Siapkan Peraturan Lembaga Baru
05 Jun 14:46
PT Philips Indonesia Commercial Adakan Program Promosi
04 Jun 13:58
Klarifikasi Penyedia Onlineshop Perangkat Komputer Dorong Kedisiplinan Penyedia e-Katalog
31 May 14:28
LKPP Berikan Teguran Kepada Penyedia Komoditas Obat
30 May 15:14
LKPP Proaktif Berikan Bimbingan Teknis Kepada Penyedia Katalog