Ditulis oleh Aina Isnaini • 20 Mar 11:39
169 0
Berita

MCA-I Berikan Tongkat Estafet Program E-Katalog Daerah Kepada LKPP

Setelah menjalani kontrak kerjasama yang dilakukan Millenium Challenge Accounts – Indonesia (MCA-I) dengan LKPP selama lebih dari 3 tahun, perwakilan MCA-I lakukan pertemuan Internal dengan Kepala LKPP, Deputi Bidang Monitoring Evaluasi, dan Pengembangan Sistem Informasi, serta sejumlah Direktur dan staf dari Direktorat terkait.

Pertemuan yang dilakukan pada Jumat, 16 Maret 2018 ini berlangsung hangat dengan pembukaan Kepala LKPP, Agus Prabowo. Dimana agenda utama dalam pembahasan yang dilakukan terkait hasil kinerja kontrak kerjasama yang telah dilakukan MCA-I dengan LKPP, serta diskusi integrasi antar Direktorat mengenai pengelolaan manajemen sistem katalog yang diberikan MCA-I.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Paul Van Der Aa, menyampaikan sebuah rangkuman perjalanan elektronik katalog daerah yang telah dilalui bersama dalam bentuk pemberian pelatihan teknis ke beberapa daerah percontohan Katalog Daerah di Indonesia.

Pemberian aplikasi Pengadaan Barang dan Jasa kepada LKPP tidak hanya e-katalog, tetapi berupa katalog sistem manajemen yang sudah terintegrasi mulai dari rencana penawaran e-katalog, manajemen kontrak, filter resiko penipuan, dan juga pelaporan.

Dalam penjelasannya, MCA-I mengungkapkan manfaat dari apa yang telah dicapai mulai dari penghematan sebesar 30% sampai dengan Februari 2018, hingga efisiensi hari kerja sebesar 64,2%. Sehingga kedepannya SDM yang ada dapat dialihkan kepada pekerjaan yang lebih strategis.

Kontrak kerjasama yang akan berakhir pada akhir Maret ini tentunya menjadi momentum yang penting bagi LKPP untuk siap mentransfer ilmu akan penggunaan e-katalog daerah ke daerah-daerah lainnya. Sehingga kedepannya tidak hanya kota percontohan saja yang bisa merasakan manfaatnya, tetapi disetiap lembaga atau instansi bisa ikut memanfaatkan aplikasi e-katalog daerah.



Di dalam penerapannya seperti Pemerintah Kota Riau yang telah berhasil menerapkan komoditas lokalnya tiang listrik, dengan begitu Pemerintah Riau bisa menggerakan para pelaku industri lokal maupun UMKM untuk bisa tumbuh dan berkembang dalam dunia bisnis online.

Hal ini sejalan dengan pencapaian MCA-I untuk membentuk proses pembelian yang mudah dan efisien, memperkuat praktik pengadaan Pemerintah Indonesia, memberdayakan usaha lokal/UMKM, serta menstandarisasikan spesifikasi sebuah produk barang atau jasa.

Dalam kesempatan yang sama Kepala LKPP, Agus Prabowo juga mengungkapkan harapannya di depan perwakilan MCA-I dan pimpinan LKPP lainnya agar e-katalog daerah bisa lebih berkembang menjadi e-katalog yang komoditasnya bisa dibeli oleh kota lain, sehingga nantinya kawasan Indonesia akan terintegrasi dalam hal pengadaan barang dan jasa.

Wacana yang diungkapkan mendapat apresiasi dari perwakilan MCA-I, Mark Handerson, dimana menurutnya sangat baik jika wilayah Indonesia bisa saling mengisi dan mendukung akan kebutuhan daerah lainnya.

Di akhir pemaparannya, MCA-I menyampaikan hasil rekomendasi akan pelaksanaan program pengembangan yang dilakukan bersama LKPP melalui monitoring dan evaluasi pelaksanaan kontrak katalog hingga menstandarisasi transfer pengetahuan, pelatihan, dan komunikasi.

Sarah Sadiqa, selaku Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi, mengapresiasi atas kinerja dari kerjasama yang terjalin sehingga apa yang sudah diberikan maupun apa yang direkomendasikan bagi LKPP akan menjadi bahan yang perlu diperhatikan kedepannya. (Ai)

Lihat juga : LKPP Berikan Akses E-Purchasing Bagi Fasilitas Kesehatan Swasta Peserta JKN

Silakan login untuk menuliskan komentar.
Loading