Ditulis oleh Aina Isnaini • 19 Mar 14:43
177 0
Berita

LKPP Berikan Akses E-Purchasing Bagi Fasilitas Kesehatan Swasta Peserta JKN

Guna peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat akan ketersedian obat, Kementerian Kesehatan dan LKPP akan memberikan fasilitas pembelian obat bagi fasilitas kesehatan (faskes) swasta peserta JKN melalui e-purchasing.

Rencananya pemberian akses e-purchasing oleh LKPP kepada faskes swasta peserta JKN akan dilakukan pada awal tahun 2018 dan selanjutnya pembuatan akun e-purchasing akan dikoordinir oleh Kementerian Kesehatan melalui LPSE Kementerian Kesehatan.

Dengan kata lain, peserta faskes JKN baru yang ingin mendaftar bisa menghubungi Kementerian Kesehatan untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan. Dengan begitu faskes swasta peserta JKN yang telah memenuhi syarat sajalah yang akan mendapatkan akun dari LPSE Kementerian Kesehatan.

Jika sebelumnya pembelian obat dilakukan secara manual oleh faskes swasta peserta JKN, nantinya pembelian obat dilakukan melalui sistem yang sudah online yang dapat diakses dari setiap daerah.

Pembelian obat melalui e-purchasing merupakan bentuk dukungan LKPP kepada pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan dalam memonitoring pengadaan obat, sehingga ketersediaan obat nasional juga lebih terpantau maksimal dan akuntabel.

LKPP dan Kemenkes optimis penerapan sistem ini juga bisa lebih memonitoring akan ketersediaan dan kebutuhan obat nasional, sehingga kedepannya perbaikan industri farmasi nasional bisa terealisasi pada tahun 2018 ini.


Lihat Juga : Menuju modernisasi pengadaan, BLPBJ Pangkep gelar pelatihan SPSE 4.2
Silakan login untuk menuliskan komentar.
Loading