Ditulis oleh Aditya Kurniawan • 21 Mar 11:32
193 0
Berita

LKPP Ajak Pengusaha Muda Berpartisipasi Dalam Pengadaan Pemerintah


Jakarta – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar Sosialisasi Kebijakan e-Procurement Nasional untuk HIPMI DKI Jakarta, pada Selasa (20/03) Lalu di Aula Serbaguna, Gedung LKPP, Jakarta. Gelaran ini diadakan dalam rangka berbagi wawasan mengenai sistem pengadaan barang/jasa pemerintah khususnya end to end e-Procurement yang dikembangkan oleh LKPP, yang juga memberikan pandangan baru bahwa pengadaan saat ini adalah pengadaan yang mudah, transparan, serta tetap akuntabel.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Agus Prabowo. Dalam arahannya beliau mengatakan bahwa Acara ini merupakan salah satu strategi sinergis antara LKPP dengan dunia usaha dalam rangka memperkaya jumlah penyedia barang/jasa yang berpartisipasi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Agus juga menambahkan, dengan memanfaatkan teknologi informasi saat ini seperti internet, pengadaan semakin transparan karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

“Memperlihatkan kepada audience bahwa pengadaan pemerintah sudah sedemikian transparan melalui e-procurement yang dapat diakses menggunakan internet,” tambah Kepala LKPP Agus Prabowo.



Agus melanjutkan, keterbukan informasi ini dapat dimanfaatkan oleh para penyedia, penyedia dapat mencari mencari peluang pengadaan melalui Sistem Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) pemerintah di alamat sirup.lkpp.go.id, kemudian mendaftar sebagai penyedia terverifikasi melalui Sistem Kinerja Penyedia (SIKaP) yang dapat diakses lewat sikap.lkpp.go.id serta berpartisipasi dalam lelang cepat ataupun menjadi penyedia e-katalog. Aplikasi atau sistem pengadaan yang dikembangkan LKPP bertujuan untuk mendukung pengadaan yang mudah, transparan, serta tetap akuntabel.

”Semua sistem pengadaan ini dikembangkan dengan tujuan untuk mendukung pengadaan barang/jasa pemerintah yang berorientasi pada kemudahan, kecepatan namun tetap terjaga akuntabilitasnya. “ lanjut Agus.

LKPP berharap usai kegiatan ini para peserta dapat berperan aktif dengan memberikan kontribusi dan turut mengawasi pengadaan pemerintah agarpengadaan yang efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel tetap terjaga.

Sosialisasi ini juga diisi dengan diskusi Panel membahas bagaimana proses serta regulasi dalam pengadaan pemerintah yang dimoderatori langsung oleh Mustika Rosalina Putri Selaku Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi LPSE Nasional, dengan narasumber Sarah Sadiqa selaku Deputi Bidang Monitoring, Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi, Gatot Pambudhi Poetranto selaku Direktur Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elekronik, Patria Susantosa selaku Kepala Subdirektorat Monitoring dan Evaluasi, dan Emin Adhy Muhaemin selaku Direktur Pengembangan Sistem Katalog.

Silakan login untuk menuliskan komentar.
Loading