Ditulis oleh Aina Isnaini • 3 Mei 17:10
134 0
Berita

Dengan Kegiatan Training Of Trainer, Tim Katalog Inginkan Para LPSE Handal Dalam Penggunaan E-Katalog dan E-Purchasing

Lombok- Dalam rangka mendukung program modernisasi pengadaan barang dan jasa dengan sistem elektronik, LKPP sebagai Lembaga yang mengatur kebijakan pengadaan barang atau jasa pemerintah, memiliki peran untuk memastikan bahwa calon pengguna katalog elektronik mampu menggunakan sistem tersebut secara tepat.

Dengan tujuan tersebut, LKPP mengadakan acara Training of Trainer ( TOT) kepada lebih dari 100 peserta LPSE dari berbagai daerah di Indonesia. Diadakan dalam dua hari, kegiatan ini dibuka oleh sambutan Kasubdit Pengelolaan Katalog, Dwi Satrianto yang pada pembukaannya menyampaikan harapannya kepada sejumlah peserta LPSE untuk bisa mentransfer ilmu yag diberikan kepada tim LPSE dimasing-masing instansi.

“Harapan berikutnya adalah tentunya karena ini sifatnya training nanti ibu dan bapak juga akan berbagi ilmu ini (e-katalog dan e-purchasing) kepada teman-teman di LPSE di kabupaten kota, dan provinsi masing-masing. Tentunya kami sebagai penyelenggara berharap ibu dan bapak serius mengikuti sampai acara selesai,” ungkap Dwi, sapaan akrabnya.

Acara sosialisasi Training of Trainer ini juga mendapatkan perhatian dari World Bank, yang dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Andy C. Firdana dan Efraim Jimenez , selaku Procurement Consultant. Kehadiran World Bank sendiri adalah bentuk dukungan sekaligus melakukan penilaian ke beberapa daerah yang akan terpilih untuk program pembiayaan pengadaan barang dan jasa di katalog elektronik.


“Tujuan dari penilaian teman-teman bank dunia ini adalah kalau memang memenuhi syarat, maka pengadaan barang dan jasa yang dibiayai oleh bank dunia, nantinya sebagian diantaranya akan menggunakan fasilitas katalog, artinya e-purchasing untuk beberapa produk-produk tertentu. Nantinya sebagian daerah akan diajak bicara oleh Bank Dunia,” terang Dwi.

Tidak hanya pembukaan oleh Kasubdit Pengelolaan Katalog, penyampaian materi oleh Kasubdit Riset dan Kontrak, Eko Rinaldo Octavianus, juga menyampaikan kebijakan umum dan tata cara katalog elektronik yang merujuk pada Perpres baru No 16 tahun 2018.

Pembahasan lebih lanjut akan tahapan-tahapan penggunaan teknis katalog elektronik daerah disampaikan kepada seluruh peserta yang telah dibagi pada masing-masing kelas. Selaku Trainer pada tiap kelas, membimbing para peserta mulai dari tahapan prakatalog seperti pembuatan usulan hingga peserta berhasil menayangkan katalog lokal.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini, bisa membantu para peserta untuk mengatasi kendala penggunaan yang biasa dihadapi, hingga memberikan tips penggunaan yang lebih mudah. (Ai)

Lihat juga : LKPP Dan Microsoft Sosialisasikan Program Microsoft e-Katalog Reseller

Silakan login untuk menuliskan komentar.
Loading