Ditulis oleh Mahyuni Hidayat • 04 Nov 00:37
eproc 251x dilihat
Teknologi Informasi

SERVER BACKUP DATA MONITORING


LPSE Kab.Tanah Laut- Dalam teknologi informasi, backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data digital sehingga data tersebut dapat digunakan kembali dengan proses “restore”  apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Proses backup adalah membuat cadangan dari data-data yang rusak atau hilang, baik itu disebabkan karena kesalahan pengguna sendiri ataupun faktor lain, seperti perangkat rusak, serangan virus atau malware, data yang corrupt, bencana alam dan sebagainya.

Dedicated Server atau Virtual Private Server yang biasanya digunakan sebagai server produksi yang kebanyakan sudah mengimplementasikan fitur backup yang dilakukan secara internal pada server itu sendiri. Namun menyimpan backup di dalam server produksi adalah merupakan langkah yang kurang tepat  dan cenderung  beresiko tinggi. Menyimpan file backup bersamaan dengan server produksi hanya bertujuan melakukan restore bila terdapat kerusakan file saja.

Berdasarkan hal tersebut, kami LPSE Kabupaten Tanah Laut menyadari akan perlunya sebuah sistem server backup yang berada diluar dari data center LPSE bahkan dari bangunan utama, maka kami membangun sebuah jaringan lokal (metro fiber optic) serta mengembangkan sistem cloud computing untuk dapat mengintegrasikan database backup server produksi kami.

Dalam hal monitoring transaksi data backup, kami mengembangkan sistem aplikasi sederhana yang kami sebut “Monitor Data Backup” yang tujuannya agar admin dapat memantau beberapa server backup kami dilokasi yang berbeda secara real time, yang meliputi status file backup harian, koneksi data, kapasitas hardisk dan kapasitas memori server.

Semoga ide sederhana kami ini dapat memberi manfaat dan inspirasi bagi rekan-rekan pengelola LPSE.
 

Database backup server

Kategori

Populer

6036x dilihat
Undangan Workshop Pengembangan Admin LPSE
5318x dilihat
LKPP Resmi Keluarkan Format Standar Dokumen Pengadaan Terbaru
3666x dilihat
Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 356/4429/SJ
3659x dilihat
Persiapan Rilis SPSE 4.3 Seksi Pengembangan Aplikasi SPSE Gelar Usability Testing
3149x dilihat
Menyambut SPSE 4.3, Direktorat Pengembangan SPSE Gelar Sosialiasi Penggunaan Aplikasi SPSE Versi 4.3 dan Implemantasi Cloud LPSE

Terbaru

05 Dec 14:24
Server LPSE Kota Denpasar akan Down
04 Dec 11:41
Perubahan Jam Layanan Call Center LKPP
02 Dec 16:17
PTSP Untuk Layanan Konsultasi SPSE Tutup
28 Nov 15:32
LKPP Raih 2 Penghargaan Dalam Top Digital Award 2019
15 Nov 16:33
LKPP Rilis Chanel Youtube Sapa Jumat