Ditulis oleh Dr.H.M.Hoyin R, SE.MM.. • 04 May 08:23
eproc 682x dilihat
Kegiatan LPSE

Bimbingan Teknis Standarisasi dan Pelatihan SPSE untuk LPSE se-Provinsi Sumatera Selatan


Palembang - Dua puluh Unit Layanan Pengadaaan Secara Elektronik (LPSE) yang ada di Provinsi Sumatera Selatan,  tanggal 28-30 April 2015 diharuskan untuk mengikuti pelatihan standarisasi LPSE di Kota Palembang. Dalam pelatihan ini yang diselenggarakan di Ruang Rapat Parameswara Sekretariat Daerah Kota Palembang Kantor Walikota Palembang lantai 2, LPSE yang ada harus mengikuti standar yang sudah ditetapakan dari pusat  merumus layanan, kapasitas dengan 17 Item Standardisasi LPSE.

Plt Walikota Palembang mengatakan,  bahwa sosialisasi ini sangat penting dan memotifasi Pemerintah daerah untuk melakukan sesuai standarisasi. “Ya, mudah-mudahan kita lakukan standarisasi ini sesuai dan memuaskan pelayanan,”Plt Walikota.

Kasubid Pembinaan dan Pengelolaan SPSE pada LKPP RI, Dr. Hermawan, SE.,MM, mengatakan PP.82 memberikan ketentuan jika LPSE ini tidak berjalan dengan baik,  maka akan kita lakukan pembekuan atau dihentikan.

“Penyelenggara sistem juga diwajibkan menerapkan menejemen resiko dan melakukan pengamanan terhadap komponen sistem elektronik, serta menyediakan rekam jejak audit terhadap seluruh kegiatan, terang mantan pegawai pajak ini. Untuk itu, ia meminta seluruh pengelola LPSE baik Provinsi maupun Kabupaten/ Kota agar segera melengkapi standarisasi LPSE sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, pintanya,” jelasnya saat membukan sosialisasi, Selasa (28/4).

Menurutnya kembali,  pemerintah daerah harus memberi perhatian lebih tehadap keberadaan LPSE, mengingat peran dan fungsi LPSE itu sangat strategis dalam mengawal proses pembangunan daerah. “Fungsi LPSE bukan hanya sebatas pada proses lelang, tetapi jauh lebih luas”, paparnya.

Disamping menfasilitasi sistem elektronik dalam proses lelang, LPSE juga menyelenggarakan fungsi layanan mulai dari perencanaan, dengan memberikan bimbingan teknis kepada PA/KPA dalam mengumumkan RUP, Layanan verifikasi dan bintek kepada penyedia, auditor, aparatur pengawasan lainya, serta pokja ULP dan berbagai pihak lainnya termasuk seluruh masyarakat agar mampu berperan mengawal proses pembangunan di daerah, tegasnya.

Setelah acara Pembukaan, seluruh peserta menandatangani Komitmen Bersama untuk LPSE Berstandar yang dimulai dari Plt. Walikota Palembang, Ketua DPRD Kota Palembang, Kasubid Pembinaan dan Pengelolaan SPSE, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ketua LPSE Kota Palembang, Para Muspida Kota Palembang, Lembaga Vertikal Kota Palembang dan diikuti oleh para peserta bimbingan teknis.


Kategori

Populer

20502x dilihat
LKPP Resmi Keluarkan Format Standar Dokumen Pengadaan Terbaru
15637x dilihat
Melalui Training ISO 27001: 2013 LPSE Tingkatkan Kapasitas Manajerial Keamanan Informasi
15383x dilihat
Kemenpar Gelar Workshop Aplikasi SPSE V 4, E-Lelang Cepat, SIKaP dan e-Purchasing Versi 4
13982x dilihat
Rapat Implementasi SPSE 3 dan 4
13726x dilihat
Sosialisasi Perpres 54/2010 dan Perubahannya dalam Implementasi pada Aplikasi SPSE bagi Auditor

Terbaru

22 Feb 13:45
Pemberitahuan Maintenance Server LPSE Kabupaten Humbang Hasundutan
18 Feb 15:34
Pemeliharaan Data Center LKPP
29 Jan 09:08
Gangguan jaringan dan permasalahan perangkat server LPSE Provinsi Sulawesi Barat diakibatkan bencana gempa di wilayah Kabupaten Mamuju
22 Jan 13:40
Tata Cara Update SPSE 4.4
11 Jan 10:42
PERUBAHAN PIC LKPP