Ditulis oleh Aina Isnaini • 12 Mar 09:25
ekatalog 41x dilihat
Katalog

LKPP Fasilitasi Penyedia Peralatan Komputer Agar Lebih Mudah Bertransaksi




Memfasilitasi para penyedia Online shop peralatan komputer, LKPP adakan forum diskusi dan pemaparan penggunaan e-katalog di gedung LKPP pada Kamis lalu (09/03).

Dengan melihat tren Online shop komoditas peralatan komputer yang semakin diminati, LKPP mencatat jika transaksi online shop terus meningkat dari ketahun.Menurut Direktur Pengembangan Sistem Katalog dalam pembukaan acara menjabarkan jika pada tahun 2016 terjadi transaksi sebesar 3,37 Triliun Rupiah dan pada 2017 meningkat menjadi 4,6 Triliun Rupiah.

Dengan jumlah peningkatan data transaksi tersebut, LKPP berharap di tahun 2018 ini transaksi bisa semakin meningkat dengan jumlah penyedia yang juga semakin beragam, sehingga anggapan jika LKPP hanya melayani penyedia tertentu saja atau membantu memonopoli pasar dapat terbantahkan.




Pada pemaparan lebih lanjut, forum diskusi ini juga menjadi  sharing discussion bersama para penyedia yang ditanggapi langsung oleh Emin Adhy Muhaemin sebagai Direktur Pengembangan Sistem Katalog.

Pada sesi sharing tersebut penyedia mengungkapkan beberapa usulan yang menjadi bahan pertimbangan Direktorat  Pengembangan Sistem katalog sebagai bahan pengembangan dan evaluasi selanjutnya.

Pada sesi kedua yang berlangsung pada sore itu juga, dibuka oleh Dwi Satrianto, Kasubdit Pengelola Katalog. Sambutan yang singkat dimanfaatkan Dwi untuk mengingatkan penyedia agar lebih bijak dan beretika dalam penggunaan katalog. Karena menurutnya segala sesuatu aturan main sudah diatur dalam kontrak dan Perka.

“Nantinya saya akan menjadi polisi untuk bapak-ibu semua dalam katalog. Ketika etika penggunaan e-katalog dilanggar, maka tentunya sanksi akan diterapkan sebagaimana dalam Perka No 6 tahun 2016 terkait sanksi yang ada. Mulai dari penurunan penayangan, penghentian sementara dalam sistem e-purchasing, hingga pemutusan kontrak. Untuk itu diharapkan para penyedia tidak bermain curang” tegasnya.

Sesi terakhir ditutup dengan pemaparan teknis dari tahapan e-purchasing antara penyedia dan pemesan. Pemaparan yang diberikan langsung oleh salah satu IT support e-katalog, Dedi Riswanto, menjadi pembelajaran ataupun refreshment bagi penyedia lama ataupun yang baru tentang penggunaan katalog nasional versi 4 yang masih sering menjadi pertanyaan para penyedia.

Disela-sela pemaparan juga diberikan tips untuk bagaimana cara menanggapi pembelian dengan benar beserta tipsnya. (Ai)

Lihat juga : Rencana Baru Pengadaan Obat 2019 Dengan Sistem Multi Years dan Multi Winners


Kategori

Populer

157x dilihat
LKPP Proaktif Berikan Bimbingan Teknis Kepada Penyedia Katalog
142x dilihat
LKPP Laksanakan Proses Evaluasi Klarifikasi dan Evaluasi Administrasi Serta Pembuktian Kualifikasi Alat Kesehatan 2018
138x dilihat
LKPP Berikan Teguran Kepada Penyedia Komoditas Obat
137x dilihat
Gangguan Teknis Aplikasi SiRUP LKPP
128x dilihat
Pentingnya Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Yang Baik

Terbaru

07 Jun 11:08
Direktorat Pengembangan Sistem Katalog Siapkan Peraturan Lembaga Baru
05 Jun 14:46
PT Philips Indonesia Commercial Adakan Program Promosi
04 Jun 13:58
Klarifikasi Penyedia Onlineshop Perangkat Komputer Dorong Kedisiplinan Penyedia e-Katalog
31 May 14:28
LKPP Berikan Teguran Kepada Penyedia Komoditas Obat
30 May 15:14
LKPP Proaktif Berikan Bimbingan Teknis Kepada Penyedia Katalog