Ditulis oleh Aina Isnaini • 07 Mar 10:07
eproc 402x dilihat
Berita

Katalog Elektronik Jalan Keluar Untuk Sebuah Transparansi Pengadaan Pemilihan 2018


Jakarta – Jelang  Pilkada serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sebagai penyelenggara pemilihan 2018 gelar kegiatan Pra Aanwidzing untuk pemilihan penyedia Katalog Elektronik Sektoral Logistik Pilkada 2018.

Menggandeng Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), KPU akan memanfaatkan Katalog Elektronik Sektoral untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilihan 2018 yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Menurut Kepala LKPP, Agus Prabowo dalam sambutannya mengungkapkan “sepanjang berdirinya LKPP sejak 10 tahun lalu, maka penyelenggaraan pengadaan penyedia Katalog Elektronik Sektoral di KPU ini akan menjadi yang pertama kali” tegasnya. Untuk itu semangat yang baik ini harus sejalan dengan komitmen KPU untuk mengadakan pengadaan yang transparan dan akuntabel.
 

Kepala LKPP, Agus Prabowo saat membuka kegiatan Pra Aanwidzing di KPU Pusat
 
Dengan total pengadaan pemilihan 2018 yang bernilai hingga Rp 508 Milyar ini, memang sebanding dengan kebutuhan pengadaan yang sangat banyak. KPU memaparkan jika untuk pengadaan jumlah surat suara saja mencapai 215.597.975 lembar surat suara yang akan disediakan. Dimana jumlah tersebut terbagi untuk surat suara Bupati dan Wakil Bupati mencapai ± 65.313.248 yang akan di distribusikan ke 154 KPU Kab/Kota, dan surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang berjumlah ± 150.284.727 yang akan di distribusikan hingga ke 333 KPU Kab/Kota.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua KPU Pusat, Arif Budiman mengungkapkan jika penyelenggaraan pemilihan umum 2018 akan menyedot banyak perhatian masyarakat,sehingga pelaksanaannya perlu dipantau bersama.

Hal lain yang juga menjadi fokus utama adalah kebutuhan logistik dan juga pendistribusian yang tepat disetiap daerah pemilihan, untuk itu pengadaan logistik haruslah dengan barang yang berkualitas dan pendistribusian yang tepat waktu.

“Logistik Pemilu bukan sekedar barang atau benda mati, akan tetapi merupakan transfer pilihan masyarakat menjadi pemimpin, sehingga prosesnya harus baik juga transparan, dan hasilnya didistribusikan kembali kepada KPU dengan baik” ucapnya.

Untuk itu KPU yakin dengan menggandeng LKPP sebagai fasilitator dalam pengadaan logistik pemilihan 2018, bisa memberikan kualitas dan harga yang terbaik bagi pemerintah
Acara yang juga dihadiri oleh penyedia logistik pemilu, seperti : surat suara, segel, tinta, hologram, kotak suara, dan bilik suara ini, diberi pesan khusus oleh Ketua KPU dan Kepala LKPP agar penyedia yang memenangkan pemilihan/lelang untuk memproduksi logistik dengan baik. Sehingga penyelenggaraan pemilihan 2018 ini bisa berjalan sukses dan lancar, seperti komitmen KPU untuk menjaga Pemilu yang tidak dinodai oleh oknum-oknum tertentu.
 
Lihat juga : Tingkatkan Pemahaman Epurchasing LKPP Berikan Pelatihan Kepada PPK Kota Malang

ekatalogepurchasinglkppeprocurementkpu

Kategori

Populer

1294x dilihat
PT Philips Indonesia Commercial Adakan Program Promosi
885x dilihat
Persiapan Rilis SPSE 4.3 Seksi Pengembangan Aplikasi SPSE Gelar Usability Testing
867x dilihat
Gangguan Teknis Aplikasi SiRUP LKPP
849x dilihat
Perpindahan sementara domain LPSE Kabupaten Donggala
767x dilihat
Persiapkan Perpres Baru, LKPP Sosialisasi Katalog Elektronik dan E-Purchasing Di Kota Malang

Terbaru

24 Sep 19:52
Himbauan terhadap Undangan Kegiatan Palsu yang Mengatasnamakan LKPP
24 Sep 19:37
Undangan Sosialisasi e-Katalog dan e-Purchasing di Kota Batam
21 Sep 12:32
Antuasiasme Para Peserta Rekrutmen Pengelolaan Katalog Saat Ikuti Seleksi Kompetensi Bidang
19 Sep 23:46
Pemeliharaan Server LPSE Kab. Pesisir Barat
19 Sep 15:55
Pengumuman kerusakan server dan perangkat pendukung LPSE Way Kanan