Ditulis oleh Aditya Kurniawan • 05 Sep 11:09
eproc 158x dilihat
Berita

LPSE Kementerian dan Lembaga Siap Untuk Instalasi Aplikasi SPSE 4.3


Jakarta – Setelah diundangkannya Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, membawa suasana baru pada Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE), banyak pembaharuan yang dialami oleh aplikasi SPSE mulai dari sisi teknis penggunaan sampai dengan regulasi yang mengaturnya. Dengan demikian aplikasi SPSE memasuki Versi terbaru, yaitu SPSE Versi 4.3.

Menyambut versi terbaru dari aplikasi SPSE, Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik  (SPSE), menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Implementasi Aplikasi SPSE 4.3 dengan mengundang para stakeholder LPSE di lingkungan K/L/PD. Acara ini digelar dalam rangka koordinasi dengan para stakeholder serta untuk mengetahui bagaimana persiapan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) terundang terkait implementasi Production Aplikasi SPSE Versi 4.3 dalam waktu dekat.

Beberapa LPSE Kementerian/Lembaga yang hadir dalam rapat koordinasi ini menyatakan kesiapannya untuk segera memperbaharui versi aplikasi SPSE, ke versi SPSE 4.3. Kesiapan dari LPSE  juga beragam, tidak hanya dari Kebutuuhan teknis saja, seperti Perangkat keras (Server) yang menunjang, tapi juga dari sisi Sumber Daya Manusianya, dimana dilakukan sosialisasi serta bimbingan teknis untuk para pengguna aplikasi SPSE.

Hal ini yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dimana LPSE KKP Sudah memberikan bimbingan teknis kepada 50-an satuan kerja, dari total 96 Satuan kerja yang dimiliki oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kesiapan untuk proses instalasi juga di sampaikan oleh perwakilan dari LPSE Kementerian Kesehatan yang menyampaikan, Saat ini Tim teknis LPSE Kementerian Kesehatan merasa sudah siap untuk dilakukan instalasi Aplikasi SPSE Versi 4.3, Karena sebelumnya LPSE Kemenkes sudah melakukan instalasi Aplikasi SPSE Versi 4.3 latihan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Tidak hanya diskusi terkait kesiapan implemantasi aplikasi SPSE 4.3 saja, Rapat koordinasi ini juga membahas terkait apa saja fitur baru serta kebutuhan teknis untuk instalasi aplikasi SPSE 4.3, adapun kebutuhan teknis yang diperlukan sesuai dengan surat edaran terkait Persiapan Instalasi Aplikasi SPSE Versi 4.3 adalah sebagai berikut ;
 
  1. Sistem Operasi, Database dan Web Server dengan ketentuan minimal sebagai berikut :
  • Sistem Operasi         : Debian 9, Centos 7, Solaris 11.3
  • Database                   : posgresql 10
  • Web Server               : Apache 2.4
Surat edaran terkait Instalasi Aplikasi SPSE 4.3 Bisa diunduh pada tautan berikut https://eproc.lkpp.go.id/uploads/unduh/SE_Instalasi_4.3_.pdf

Rapat KoordianasiPersiapan Instalasi SPSE 4.3SPSE 4.3

Kategori

Populer

1299x dilihat
PT Philips Indonesia Commercial Adakan Program Promosi
898x dilihat
Persiapan Rilis SPSE 4.3 Seksi Pengembangan Aplikasi SPSE Gelar Usability Testing
877x dilihat
Gangguan Teknis Aplikasi SiRUP LKPP
852x dilihat
Perpindahan sementara domain LPSE Kabupaten Donggala
775x dilihat
Persiapkan Perpres Baru, LKPP Sosialisasi Katalog Elektronik dan E-Purchasing Di Kota Malang

Terbaru

24 Sep 19:52
Himbauan terhadap Undangan Kegiatan Palsu yang Mengatasnamakan LKPP
24 Sep 19:37
Undangan Sosialisasi e-Katalog dan e-Purchasing di Kota Batam
21 Sep 12:32
Antuasiasme Para Peserta Rekrutmen Pengelolaan Katalog Saat Ikuti Seleksi Kompetensi Bidang
19 Sep 23:46
Pemeliharaan Server LPSE Kab. Pesisir Barat
19 Sep 15:55
Pengumuman kerusakan server dan perangkat pendukung LPSE Way Kanan