Ditulis oleh Lutfi Zakaria • 04 Oct 11:18
eproc 874x dilihat
Berita

DIALOG STRATEGIS : Transformasi SPSE Sebegai Aplikasi Umum SPBE Nasional


Jakarta – Jumat (01/10) lalu, Dalam rangka finalisasi Penyiapan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Sebagai Aplikasi Umum Sistem Pemerintan Berbasis Elektronik (SPBE), Direktorat Pengembangan SPSE menggelar Dialog Strategis Transformasi SPSE Sebegai Aplikasi Umum SPBE Nasional. 

Dalam dialog ini hadir berbagai pihak yang terkait dalam penetapan aplikasi SPBE diantaranya Bappenas, KemenPANRB, BSSN, Kemenkominfo BRIN dan Kemenkeu. 

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, KemenPANRB Rini Widyantini, dalam paparannya menjelaskan dengan ditetapkannya aplikasi SPSE menjadi aplikasi umum SPBE Nasional bisa mempercepat informasi birokrasi serta tata kelola pemerintahan menjadi lebih  efektif, responsif dan adaptif. Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kedepannya dalam proses penetapan SPSE untuk SPBE ini, diantaranya repositori aplikasi, kesiapan infrastruktur serta hak cipta. 

Di kesempatan yang sama  Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, BSSN Akhmad Toha menyampaikan dukungannya terhadap realisasi penetapan SPSE sebagai aplikasi umum SPBE. “Perlu didukung karena SPSE sudah lama digunakan dan sudah bekerjasama dengan BSSN dari awal pengembangannya, untuk penetapan SPSE sebagai aplikasi umum SPBE maka keamanan informasi perlu dilakukan tindak lanjut setelah penetapan,” Jalasnya. 

Menutup dialog strategis ini Gatot Pambudhi Poetranto selaku Deputi Monitoring-Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi, LKPP, meyakini dan memastikan SPSE bisa ditetapkan menjadi aplikasi umum SPBE. Adanya SPBE ini membantu LKPP untuk lebih baik lagi dalam melayani seluruh pengadaan secara elektronik di Indonesia serta salah satu langkah Transformasi Digital untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“SPSE dan SPBE menjadi aplikasi tangguh untuk Indonesia Tumbuh,” Tutupnya.

#SPSEuntukSPBE
Berita SPBE SPSE

Kategori

Populer

26386x dilihat
LKPP Resmi Keluarkan Format Standar Dokumen Pengadaan Terbaru
17327x dilihat
Kemenpar Gelar Workshop Aplikasi SPSE V 4, E-Lelang Cepat, SIKaP dan e-Purchasing Versi 4
17087x dilihat
Melalui Training ISO 27001: 2013 LPSE Tingkatkan Kapasitas Manajerial Keamanan Informasi
15904x dilihat
Rapat Implementasi SPSE 3 dan 4
15214x dilihat
Sosialisasi Perpres 54/2010 dan Perubahannya dalam Implementasi pada Aplikasi SPSE bagi Auditor

Terbaru

22 Nov 12:49
Informasi Akses Domain LPSE Kabupaten Nagekeo
15 Nov 10:58
LKPP Raih Dua Penghargaan dalam Digital Culture Excellence Award 2021
09 Nov 16:57
Pemeliharaan Aplikasi Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) dan Agregasi Data Penyedia (ADP)
25 Oct 15:02
FESTIVAL PENGADAAN DIGITAL, PEKAN SPSE UNTUK SPBE
13 Oct 10:16
KEBIJAKAN MUTU Layanan Dukungan Pengguna SPSE, Direktorat PSPSE