Ditulis oleh Mahyuni Hidayat • 03 Nov 00:05
eproc 198x dilihat
Aplikasi

SISTEM KEYLOG AKSES RUANG SERVER


LPSE Kabupaten Tanah Laut- Sesuai dengan namanya, ruang server adalah sebuah ruangan yang dikhususkan penggunaannya untuk menyimpan server (aplikasi dan database), perangkat jaringan (router, hub dll) dan perangkat lainnya yang terkait dengan operasional sistem sehari-hari seperti UPS, AC dan lain-lain. Sebuah ruang server harus memiliki standar kemanan yang melindungi kerja perangkat-perangkat di dalamnya dari mulai suhu udara, kelembaban, kebakaran dan akses masuk dari orang-orang yang tidak berkepentingan.

Ruang server adalah aset bagi sebuah institusi maupun perusahaan karena di dalam ruangan ini terdapat aplikasi dan database transaksi yang semakin hari akan semakin banyak dan bernilai, oleh karena itu ruangan ini harus selalu dalam kondisi yang baik.
Salah satu sistem keamanannya ruang server adalah dengan menggunakan perangkat akses ke dalam ruangan yaitu dengan menggunakan kunci khusus yang misal PIN Keylock, finger scan keylock atau sistem digital lainnya yang terhubung langsung ke dalam anak kunci pintu.
 
Adapun ide dasar kami tim LPSE Kabupaten Tanah Laut adalah untuk membuat sistem agar proses akses masuk ruang server dapat sesuai dengan standarisasi LPSE yaitu Standar Pengelolaan Keamanan Perangkat.
 
Sistem sederhana yang kami beri nama “server authentication” ini bertujuan untuk membuat log book akses (buku pencatatan) yang didalamnya tercatat siapa saja yang masuk dan keluar (pendamping/pengunjung), waktu dan tanggal, keperluannya masuk ruang server, daftar aset dalam ruang server serta ada proses persetujuan dari Ketua LPSE untuk dapat masuk ruang server.  
 
Adapun jenis tehnologi yang kami kembangkan mengacu pada sistem “Internet Of Thinks (IOT)” dengan menggabungkan sistem mekanikal elektrical dengan web program. Alhamdulillah sejak sistem versi pertama ini kami ujicoba dan implementasikan hingga saat ini sangat membantu kami terutama dalam pengelolaan LPSE dan juga berharap dapat mendukung dalam pemenuhan standarisasi Pengelolaan Keamanan Perangkat.

Semoga ide sederhana kami ini dapat memberi manfaat dan inspirasi bagi rekan-rekan pengelola LPSE.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/dbJiNfY1YEY" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

 

server iot

Kategori

Populer

6045x dilihat
Undangan Workshop Pengembangan Admin LPSE
5362x dilihat
LKPP Resmi Keluarkan Format Standar Dokumen Pengadaan Terbaru
3673x dilihat
Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 356/4429/SJ
3672x dilihat
Persiapan Rilis SPSE 4.3 Seksi Pengembangan Aplikasi SPSE Gelar Usability Testing
3162x dilihat
Menyambut SPSE 4.3, Direktorat Pengembangan SPSE Gelar Sosialiasi Penggunaan Aplikasi SPSE Versi 4.3 dan Implemantasi Cloud LPSE

Terbaru

05 Dec 14:24
Server LPSE Kota Denpasar akan Down
04 Dec 11:41
Perubahan Jam Layanan Call Center LKPP
02 Dec 16:17
PTSP Untuk Layanan Konsultasi SPSE Tutup
28 Nov 15:32
LKPP Raih 2 Penghargaan Dalam Top Digital Award 2019
15 Nov 16:33
LKPP Rilis Chanel Youtube Sapa Jumat